Sunday, October 12, 2014

Sirkulasi Air Sederhana


Di dalam sebuah ekosistem air pasti terdapat aliran air pula, aliran air ini disebabkan karena perbedaan tinggi, di mana air bersifat mengalir bilamana terdapat beda tinggi, air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah. Aliran air sangat dibutuhkan oleh biota atau penghuni air untuk baik untuk berkembang biak maupun pertumbuhan biota air.

Aliran air juga bisa berasal dari elevasi rendah ke elevasi tinggi, namun untuk dapat mengalirkan air dari bawah ke atas memerlukan pendorong air yang disebut pompa air. Untuk ekosistem air buatan maka dibutuhkan sirkulasi air, hal ini berfungsi agar air dapat terus mengalir untuk kebutuhan para penghuni air itu sendiri. Ekosistem air buatan dapat berupa terarium, aquarium, ataupun kolam ikan ( baik itu kolam ikan pembesaran atau sering disebut peternakan ikan maupun kolam ikan untuk hiasan taman rumah kita.

Dalam pembentukan sirkulasi di kolam peternakan maka membutuhkan aliran air yang cukup kuat, hal ini diakibatkan karena dalam sebuah kolam peternakan terdapat banyak ikan ratusan hingga ribuan ikan. Sedangkan dalam sebuah akuarium maka kita membutuhkan pompa air yang memadai, dengan debit air yang berbeda beda maka harga yang ditawarkan pun berbeda pula. Dari mulai 25 ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Untuk harga ratusan ribu rupiah biasanya kualitas great yang anti setrum alias enggak nyetrum, bahkan awet jika digunakan di luar air. Sebelumnya saya akan mengulas jenis pompa air. Pompa Air untuk sumur ada yang tipe celup dan tipe gantung, serta ada pula yang diletakkan di atas tanah maaf untuk jenis ini saya lupa namanya... Begitu pula untuk akuarium ataupun kolam pompa nya hampir sama namun kapasitas yang dikeluarkan biasanya lebih kecil dan ketinggian yang dicapai pun tidak terlalu tinggi.

Namun dengan adanya ide ide dari fikiran manusia maka pompa untuk akuarium itu dapat digantikan dengan airator dengan memfungsikan gelembungnya. Gelembung udara yang dihasilkan airator ini dimanfaatkan untuk mengangkat air ke permukaan dan membuang gelembung itu ke udara, atau jika dengan airator 2 outlet dapat difungsikan dobel sekaligus, yang utama adalah untuk membuat gelembung di dasar air dan yang sekunder dapat dimanfaatkan sebagai pompa air, untuk jelasnya saya akan menerangkannya dengan gambar biar lebih jelas gitu maksudnya, maaf kalo gambarnya jelek ya.

Bahan yang dibutuhkan :
·         PIPA akuarium panjang secukupnya
·         Selang airator panjang secukupnya
·         elbow 2 buah sudah cukup sebenarnya jika pake 1 buah pun cukup tapi biar batu              airator bisa mentok di bawah jadi gak ada udara yang kebuang lewat celah.
·         penyumbat, disini saya gunakan karet dari sandal bekas yang saya selipkan untuk              mengurangi kehilangan tekanan udara saat gelembung di atas, sebenarnya gak masalah        juga      kalau enggak pake.
·         jangan lupa batu airatornya, kalau pake dobel ya 2 kalau enggak ya 1 aja.
·         alatnya cukup gampang ditemuin, pake paku atau obeng yang dipanasi buat lubangin          elbownya untuk masuk selang airatornya. Sama airatornya yg jelas baik dobel maupun      single.





  
Cara perangkaian nya adalah sebagai bekirut :

1.     Lubangi salah satu elbow dengan paku yang sudah dipanasi.
2.    Lubangi pula penyumbat dengan paku panas.
3.    Masukkan selang airator melewati lubang yang barusan dibuat tadi.
4.    pasangkan batu airator ke selang.
5.    tarik selang hingga kira kira sepanjang pipa yang akan di pasangkan ke elbow.
6.    pasang pipa ke elbow yang sudah dilewati selang.
7.    Pasang pula elbow di bagian bawah.
8.    letakkan di pojok akuarium dengan keadaan seperti gambar di bawah.



berikut detail di bagian bawah sistem ini.

berikut detail bagian bawah dan atas



Sekian Dan Terima kasih.

Pada ulasan berikutnya saya akan coba terangkan cara membuat air terjun dengan cara yang hampir sama, karena maraknya keindahan alam air dalam aquarium yang dipadukan dengan pemandangan alam darat, dan untuk menghindarkan anda dari para oknum yang membanderol harga tinggi untuk menghadirkan air terjun di akuarium anda.

Tambahan, berhubung ada yang bertanya tentang batu airator, batu airator atau air stone berikut gambar nya....

Batu jenis ini lebih baik digunakan untuk airator dalam akuarium

Ini bentuk dan jenisnya, tiap batu mempunyai kelebihan dan kelemahan

Ini sering digunakan untuk Skimmer, karena skimmer membutuhkan gelembung udara yang sangat halus

ini adalah standard dan bisa digunakan untuk sistem sirkulasi kita

Salam Aquarium

2 comments:

  1. Makasih banget, informasinya cukup bermanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih juga sudah mau mampir mas.....

      Delete