Saturday, October 11, 2014

Benda2 penting pada aquarium

Aquarium memiliki keindahan tersendiri, dalam sebuah konteks nya aquarium dapat diartikan menghadirkan keindahan dalam air di sebuah ruangan. Atau sering disebut dengan minimalis desain akuarium.
Sebenarnya untuk mendapatkan keindahan dasar air yang berpenghuni tidaklah sulit. Untuk itulah kita memerlukan suatu wadah yang disebut akuarium. Aquarium sendiri biasanya terbuat dari kaca transparan, acrilyc transparan, maupun plastik mika.
Setelah memiliki tempat atau wadah itu kita diharuskan mengisinya dengan air. Sebelumnya minta maaf karena saya masih membuat kan akuarium air tawar. Dengan desain yang indah dan letak yang berada di pojok ruangan serta pencahayaan yang terang akan membuat aquarium kita semakin indah dan cantik.
Sirkulasi air pun harus sangat diperhatikan, jika akuarium yang kita buat adalah air tawar maka mesin yang digunakan kecil pun sudah cukup. Dengan menggunakan akuarium yang sudah ada sekat filternya pun sudah cukup. Di sini kita menggunakan mesin filter yang kecil atau besar, yang penting sudah memumpuni untuk mengalirkan air sebagai sirkulasi.
Dalam sebuah akuarium yang bersekat biasanya terdapat 2 ruangan kecil atau lebih dapat diisi dengan batuan dan kapas serta karbon, hal ini dimaksudkan untuk menyaring air. Karbon aktif sendiri digunakan untuk menyerap kotoran di saringan awal maupun akhir.
Di pelajaran SD pun kita sudah pernah mengenal dengan fungsi batu, pasir, kapas,maupun ijuk yang ternyata berfungsi penuh untuk meyaring air yang tercemari kotoran menjadi lebih jernih. Nah pada fungsi tersebut lah yang disebut sirkulasi daur air.
Di sinilah ilmu daur air itu digunakan. Dengan adanya pemfilteran yang baik kita dapatkan air yang akan selalu jernih. Namun jangan salah paham dulu di sini kita tidak dapat terus mendapati tampilan air di main tank kita bersih, tetapi dengan upaya membersihkan kapas dan karbon  setiap minggu nya kita dapat meminimalisir kotornya air di main tank kita itu.
Selain itu ada pula airator, airator ini berfungsi membuat gelembung udara sehingga kita akan dapatkan keindahan ikan hias dengan hiasan gelembung udara yang ternyata berfungsi pula untuk memasok udara bagi ikan maupun tumbuhan air, karena dalam sebuah penelitian ikan akan bergerak mengikuti arus air dan mendekati gelembung udara terasebut,mungkin tujuan mereka juga untuk menghirup udara seperti manusia juga kali ya? Hehehe....bercanda atuh... tapi dengan adanya gelembung udara para ikan akan lebih aktif berenang kesana kemari.
Airator pada aquarium air laut pun punya fungsi sendiri,yaitu mengjilangkan zat nitrit dan nutrat yang terlarut dalam air. Dengan difungsikan pada skimmer air laut lama kelamaan akan membentuk busa dan mengangkat zat zat berbahaya tersebut ke atas permukaan air. Dalam fungsinya di sebuah alat yang bernama skimmer inilah gelembung halus atau busa itu akan tertampung pada bagian atas skimmer dan kita dapat membuang gelembung itu dari cawan yang terpasang di atas skimmer.
Hiasan, ya hiasa dalam akuarium membuat kita dapat menikmati pemandangan air yang cantik. Hiasan ini biasanya terbuat dari miniatur mainan kapal, atau terumbu karang, maupun butiran2 pasir pqntai yang disusun sedemikian rupa yang dapat membuat kita betah di depan akuarium.
Pencahayaan, dalam akuarium air tawar tidak membutuhkan banyak pencahayaan, sehingga dalam hal ini membuat kita lebih menghemat daya dan uang kita. Pencahayaan cukup diberikan sentuhan lampu yang ada di pasaran, dengan kualitas standar dan harga yang murah 14watt dapat dibeli dengan harga 25 - 27 ribu. Sudah cukup untuk akuarium ukuran 100*50*50cm.

Sekian artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri. Salam Aquarium.


Protein skimmer


Aerator 25 - 30 ribu dengan kekuatan seperti gambar


Protein Skimmer harga menurut merk dari 150 - 500ribuan

filter resun harga mulai 25 ribu hingga 125 ribu untuk seperti ini.


Thanks buat para hobby dari yang beginner hingga yang dewa sekalipun, mohon saran jika ada yang salah dan mohon dibetulkan  jika ada yang salah.
Terima kasih.

No comments:

Post a Comment