Monday, October 13, 2014

Air terjun dalam akuarium

Di wilayah daratan banyak sekali keindahan alam yang terbentang di bumi ini. Di antaranya adalah keindahan alam berupa berbagai jenis satwa liar dengan keindahan dan keunikan mereka. Sungguh keindahan yang tak ternilai harga nya. Bumi terdiri dari wilayah daratan dan perairan. Di wilayah perairan juga terdapat satwa nan unik pula, dengan berbagai warna dan keindahan mereka dapat memukau pandangan kita.

Selain keindahan satwa di bumi keindahan alam maupun tempat adalah salah satu tujuan wisata, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Di Indonesia sendiri telah banyak tempat wisata dengan keindahan alamnya, seperti Raja Ampat di Papua, Danau Toba, Cagar Alam Ujung Kulon, Pulau Komodo dan lain sebagainya. Namun masih sedikit eksplorasi tentang wisata alam air terjun, hal ini dikarenakan letaknya yang sulit dijangkau, karena biasanya terkadang untuk dapat bersinggah di wilayah air terjun membutuhkan ekplorasi ekstrim seperti pendakian. Oleh karena itulah untuk melihat pemandangan seindah itu para pecinta kolam ikan mendesain kolam ikan mereka dengan dibuatkanlah air terjun buatan.

Bagi Para pecinta akuarium muncul lah ide – ide untuk membuat air terjun di dalam akuarium mereka. Mungkin bagi orang awam timbul pertanyaan “di dalam akuarium kok bisa ada air terjun sih???gimana bentuknya???dan gimana cara buatnya???” Saya juga pertama kali mendengar dan melihat hal itu menjadi heran dan mencari tahu apa sebenarnya yang terjadi di fikiran orang – orang ini? dan bagaimana cara mereka membuatnya? Setelah saya mengetahui cara cara nya dan saya praktekkan sendiri saya akhirnya berhasil. Nah di sinilah saya coba publikasikan contoh hasilnya dan cara membuatnya dengan kata2 saya sendiri dan menurut pemahaman saya sendiri, dengan menggunakan airator kita dapat menghasilkan hal yang susah tersebut. Jika kita pasrahkan hal yang mudah ini kepada orang2 yang sudah ahli bisa2 kita habiskan uang kita. Di sini lah saya tepati janji saya seperti yang sudah saya publikasikan di postingan sebelumnya. Kita simak Langsung aja ya.... berikut adalah gambar hasil contoh yang sudah jadi.





Sungguh pemandangan yang Indah bukan.

Berikut adalah bahan yang harus disiapkan :
a.    Pipa pralon diameter 1 inchi, dengan tinggi disesuaikan dengan selera kita, namun jangan terlalu tinggi, karena yang akan dijatuhkan ke dasar bukanlah air melainkan pasir putih nan halus.
b.    elbow pralon 1 saja cukup.
c.    Paku untuk melubangi elbow.
d.    selang airator sepaket dengan airatornya ya... yang murah aja gag masalah.
e.    Media penutup, untuk menutupi pralon.
f.    dan 1 lagi jangan lupa pasir halusnya, kalau warnanya butek bisa diberi pewarna tekstil, sambil di ayak dengan saringan kelapa sehingga didapatkan butiran yang sempurna.

Cara perakitannya adalah sebagai bekirut :
1.     Lubangi elbow sesuai dengan ukuran selang airator.
2.    Masukkan selang ke dalam elbow lewat lubang baru tadi sepanjang kira2 sama dengan panjang pipa yang akan disambungkan.
3.    Buat rongga di pralon agar pasir halus dapat masuk ke dalam pralon.
4.    Usahakan ujung selang yang di dasar pralon agar sejajar.
5.    Selanjutnya buatlah tempat penutup agar lubang tertutup dan pasir tidak tumpah dimana mana.
6.    Sebelumnya dimasukkan ke akuarium cobalah Masukkan plaron dalam air.
7.    Pasangkan airator, dan hidupkan

8.    bila sistem ini berfungsi seperti pada postingan sebelumnya, uji coba berhasil dan dapat difungsikan di dalam akuarium.


Untuk menutupi pipa pipa bisa gunakan batuan buatan maupun batuan alami, sehingga kita bisa menyamarkan pipa dengan pemandangan alam batuan di bawahnya.
Salam Aquarium. Jika ada salah mohon dibenarkan ya? saling mengingatkan. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment