Saturday, October 11, 2014

Perbedaan Biota laut dan Biota air tawar

Ikan hias memang sangat mengasyikkan untuk ditonton jika mereka dihadirkan di sebuah aquarium yang transparan di dalam sebuah ruangan. Untuk membeli ikan – ikan hias ini juga diperlukan ketelitian, takutnya jika ternyata ikan yang kita beli tidak sehat, atau sedang dalam kondisi stress. Ikan – ikan hias ini adalah yang biasa terdapat di pasar ikan hias, maupun toko ikan hias.

Perlu diketahui ternyata yang dijual di pasar atau toko ikan hias tersebut tidaklah ikan yang berdiam atau menghuni di satu jenis air, seperti air tawar saja, namun kita dapat menemui penjual ikan hias air laut juga. ikan air tawar dan air laut jelaslah berbeda, baik dilihat dari sisi tempat asal hidupnya maupun keindahan mereka berbeda beda. Bila kita mau melihat dari dekat dan detil nya maka kita akan dapatkan perbedaan yang sangat banyak dari kedua jenis tersebut.

Ikan hias yang tinggal di laut : habitatnya yang sudah jelas berasal dari air laut /  air asin. diharuskan dan diwajibkan memliki kadar garam yang sesuai dengan habitatnya yang asli yaitu air laut. sehingga kita akan direpotkan dalam hal pengecekan kadar garam setiap air lautnya menyusut. Selain kadar garam, suhu air laut jelaslah berbeda dengan suhu air tawar, hal ini disebabkan karena suhu air laut untuk ikan hias biasanya di antara 22 derajat celcius hingga 28 derajat celcius, ingat ukuran termometer celcius bukan fahrenheit. Biasanya jika suhu terlalu dingin akan menimbulkan kuman penyakit pada ikan laut tersebut, dan jika tidak segera diobati akan semakin kronis dan dapat menyebabkan kematian. Dan jika suhunya terlalu tinggi ikan akan mudah stress, saat stress maka daya tahan tubuh ikan berkurang, sehingga ikan akan rentan dan mudah mati. Oleh karena itulah ikan air laut sangat memerlukan perlakuan yang khusus. Terumbu karang bukanlah tumbuhan, melainkan binatang laut yang bergerak secara perlahan dan dengan gerakan stabil yang memanfaatkan arus air. Oleh karena ini pula jika kita memelihara jenis terumbu karang dan ikan hias air laut kita membutuhkan pencahayaan yang sangat terang, hal ini dimaksudkan agar terumbu karang dapat melakukan fotosintesis dan memperindah pemandangan dasar laut yang kita miliki dalam main tank kita. Perlu kita ketahui bahwa aquarium air laut memerlukan filter yang cukup besar, yaitu minimal ukuran filter adalah sama dengan ukuran akuarium main tank. Filter ini biasanya terpisah berada di bawah akuarium, tempat penyaringan atau filter ini biasanya terbuat dari bahan yang sama dengan akuarium main tank. Tempat penyaringan ini disebut sump. Di dalam Sump terdapat banyak benda benda penyaringan yang sangat penting. Untuk benda pentingnya sudah diulas di posting sebelumnya. Jika belum membacanya dapat dibaca di Benda penting di akuarium .










Ikan Air tawar : Untuk Ikan air tawar kita dapat lebih mudah dan lebih simpel dalam perawatannya, cukup dengan menggunakan air tawar dari PDAM atau dari sumur juga dapat dimanfaatkan. hanya saja ikan yang di jual biasanya monoton itu itu saya palingan Cuma ikan komet, discus, arwana yang masih booming, louhan yang pernah booming, ikan mas koki, ikan koi, dan ikan lainnya serta tumbuhan air yang berwarna hijau, yang terkadang membuat kita kurang tertarik karena monoton nya itu loh.... Tapi kelebihannya adalah mudah merawatnya, dengan mengurasnya serta harganya yang terjangkau alias murah, namun tidak murahan.

 







Sekian dari saya semoga bermanfaat. Mohon coret2 jika ada yang salah untuk bahan koreksi. Salam Aquarium.

No comments:

Post a Comment