Saturday, October 11, 2014

Indahnya Alam Laut

Dalam ilmu matematika memanglah ilmu pasti, namun dalam logika dan ilmu alam tidak ada yang pasti. Air mengalir dengan debit sekian meter kubik per detik mengukurnya pun menggunakan alat, alat tersebut memiliki tidak akuratan, karena itulah digunakan kata kata pendekatan empiris. Tuhan Menciptakan Bumi seisinga untuk kita jaga. Sesungguhnya kita para manusia selalu menginginkan keindahan tersebut dalam rumah hunian kita meskipun sebagian kecil namun sangat berarti untuk melepaskan fikiran dari masalah masalah duniawi yang berasalkan dari matematika, fisika dan bahasa. Sehingga diterapkanlah oleh manusia ilmu arsitektural desain dengan hiasan alam seperti tumbuhan di dalam rumah ataupun di pekarangan rumah, kebun di belakang rumah, taman bermain dengan tumbuhan hijau yang rindang, serta akuarium yang menenangkan fikiran dan hati.

Dengan mendengarkan gemericik air kita dapat merasakan ketenangan, dengan melihat tingkah laku ikan kita bisa mendapatkan kesempurnaan, ya itulah yang akan kita bahas di postingan kali ini. sebelumnya jika anda belum pernah mengetahui apa itu akuarium lebih baik baca dulu di Aquariumku cintaku pada alam .

Alam air adalah bagian besar dari kebutuhan kita sebagai manusia. Dengan keindahan alam air inilah kita manfaatkan untuk mempercantik hunian kita. Namun perlu diketahui adanya efek tersebut adalah berkurangnya pasokan ikan hias yang kurang diperhatikan kelestariannya. Oleh karena itulah ada beberapa pengusaha yang terjun langsung membudidayakan ikan ikan maupun terumbu karang di laut lepas dengan menggunakan karamba.

Dalam sebuah ilmu perikanan banyak teknik yang digunakan untuk menangkap ikan konsumsi diantaranya adalah dengan racun, bom ikan, dan pemanahan, dll. Semua itu adalah tindakan yang tidak diperbolehkan, karena dapat merusak terumbu karang dan ikan ikan hias yang berada di sekitarnya dengan bom ikan tersebut, membunuh ikan hias yang ada di sekitarnya pula dengan racun ikan, dan masih banyak dampak buruknya. terumbu karang dapat tumbuh dengan waktu yang lama, sehingga bila terumbu menghilang atau mati, maka anak cucu kita tidak bisa mengenal terumbu karang dengan baik.



Bagi manusia yang tidak berfikir jernih mereka hanya mengumpulkan ikan untuk konsumsi dan tidak mau tahu dengan efek buruk yang mereka timbulkan. Sedangkan para hobbys akuarium laut semakin menyebar dan marak, membutuhkan pasokan ikan hias air laut yang mulai langka karena efek manusia yang mengambil ikan dengan cara kejam tadi. Untuk itulah pengusaha pembudi daya ikan dan terumbu karang sangat diperhatikan oleh pemerintah. pada tahun 2014 ini Masyarakat Negara Indonesia mulai sadar akan bahaya yang ditimbulkan dari cara2 yang menurut saya kejam itu, sehingga kita ( para hobbys marine aquarium atau sering disebut reefer ) bisa lebih tentram. Karena Pasokan ikan hias laut dan terumbu karang mulai mudah lagi untuk didapatkan dan mulai meningkat.

Bagi para Reefer kami membutuhkan akuarium laut beserta biota di dalamnya untuk memperindah rumah dan ruang kami, untuk dinikmati banyak orang dan untuk mengenalkan pada anak cucu kita kelak bahwa biota laut adalah kekayaan alam yang tak ternilai harganya dan anugerah dari Tuhan yang patut kita lestarikan, baik di dalam ruangan maupun di alam bebas.

Sekedar tukar informasi bahwa kelestarian alam memanglah Anugerah dari Tuhan yang harus dilestarikan dan di rawat serta di jaga baik baik.

Terima kasih atas kunjungan anda. Salam Aquarium.

No comments:

Post a Comment