Saturday, October 11, 2014

Akuarium air laut yang murah

Untuk membuat sebuah komposisi yang bagus untuk aquarium air laut tidak selamanya mahal, namun dengan memanfaatkan barang bekas pun kita bisa membuat komposisi dengan mudah dan murah.

1) beli 2 akuarium bekas ukuran yang diinginkan KALAU BISA SAMA, kalau tidak bisa ya yang untuk sump pake ukuran yang lebih kecil. biasanya harga tank nya dibanderol setengah harga baru nya.
2) beli pipa pipa dan lemnya serta keran air untuk menyesuaikan flow in dan out nya.
3) beli hidrometer 20ribu udah dapet bagus.




jika menggunakan tipe kedua kita tidak begitu butuh termometer, karena dalamnya udah ada pengukur suhunya yang akurat. batas hijau adalah kadar garam yang diperbolehkan dan suhu air yang diijinkan.

4) untuk air laut kita bisa beli 1 galon ukuran 18 liter biasanya 5 ( lima ) ribu sampai 8 ( delapan ) ribu rupiah. Tinggal disesuaikan kebutuhannya. volume airnya adalah ukuran 1 main tank + 1/2 ukuran sump, untuk menjaga agar tidak terjadi peluberan di sump jika listrik mati.
5) untuk minimalnya 3 minggu masa filtrasi, untuk biota menyusul 3 minggu setelahnya masa filtrasi selesai. Diberikan 1 ikan yang rentan untuk uji coba selama 4 minggu, jika masih hidup sudah  bisa dibelikan 1 lagi ikan. jika mati bisa ditunggu lagi hingga 6 bulan dengan catatan filtrasi lancar dan berfungsi normal.
Ikan murah rentan terhadap sistem filtrasi adalah jenis ikan yellow tail damsnell. harga di semarang murah cuma 5000 per ekor di toko ARIMBI MARINE. Di kota lain dibanderol harga variatif, dengan harga maksimal 10ribu per ekor.



6) chiller harga mahal sehingga kita gunakan kipas komputer harga kisaran 10 ribu hingga 15 ribuan. kelemahan menggunakan kipas adalah air laut cepat menguap airnya saja kandungan garam tetap, sehingga kandungan garamnya seolah olah bertambah dan meningkat, namun jangan khawatir kita bisa mengontrol dengan hydrometer, jika kandungan garam meningkat kita bisa tambahkan air tawar biasa.




7) termometer akuarium 5 ribu hingga 8 ribu, namun tak ada salahnya kita gunakan termometer laboratorium hehehe.
8) Protein Skimmer, kalau kita membelinya harganya sangat mahal bagi kita para mahasiswa maupun pelajar, kisaran 150ribu hingga 500ribuan, makanya kita bisa membuatnya dengan bahan bekas dan aerator yang sering disebut DIY skimmer, berikut video nya.


NB : Tips di atas adalah untuk jenis tank Fish only ( hanya untuk biota jenis ikan ). jika ditambahkan live rock atau terumbu karang bisa saja namun butuh pencahayaan yang sangat terang. untuk akuarium air laut berukuran 100x50x50cm maka dihitung volumenya total dalam liter yaitu sekitar 250 liter air sehingga membutuhkan paling tidak pencahayaan seterang 250 watt karena 1 wat untuk 1 liter air.

Sekian dari newbie, Mohon dikoreksi dan coret coret jika ada kesalahan, karena saya masih newbie di bidang akuarium. Terima Kasih. Salam Aquarium.

No comments:

Post a Comment